Produksi tahu, tempe, tapioka, kecambah, dan penggilingan padi pada umumnya banyak diusahakan sebagai industri kecil dan industri rumah tangga di lingkungan sekitar kita.  Sisa ampasnya masih banyak yang dipasarkan mentahan belum diolah menjadi komoditi produk yang memiliki nilai tambah. Kadang ampas pada musim penghujan  tidak laku dijual dan membusuk menjadi kotoran yang menimbulkan bau yang tidak sedap. Begitu juga sisa-sisa limbah sayuran pasar setiap hari hanya menimbulkan kotoran, belum termanfaatkan dan jumlahnya cukup banyak.

Bahan-bahan untuk membuat 20 kg ransum basah adalah sebagai berikut:

    Dedak 3 kg
    Ampas (tahu, kelapa, singkong) 3 kg/masing-masing bagian
    Sisa-sisa tanaman dan hijauan 4 kg
    Tepung tapioka ½ kg
    Garam dapur 100 gr
    Air rendaman kapur 100 cc
    Air bersih 10 liter

Kandungan Ransum Basah:

Serat – karbohidrat – protein – garam – dan air . Untuk membuat ransum dalam jumlah besar/banyak tinggal mengalikan kelipatan jumlahnya bahannya saja.

Cara Membuat:

    Semua bahan yang sudah ditakar dicampur dan diaduk jadi satu pada bak atau wadah besar atau yang lebih baik menggunakan drum yang bersih sekaligus menjadi tempat untuk memasaknya di atas tungku api.
    Bila adonan sudah menjadi seperti bubur encer, panaskan sampai mengental.
    Aduk terus selama proses memasak/memanaskan di atas api, jaga jangan sampai hangus pada bagian bawah dan atasnya.
    Proses pemanasan cukup sampai mengental.
    Angkat dan dinginkan di lantai.
    Cetak adonan masak/pakan pada alas jemur bedek bambu ukuran tebal 2,5 – 3 cm, panjang 30 cm dan lebar (ukuran kertas folio).  Cetakan dapat dibuat dari bingkai bambu.
    Jemur dan bolak balik sesuai keadaan.
    Keringkan sampai  kadar airnya  14%.
    Simpan ransum pada kaleng dan tutup rapat untuk persediaan ransum sehari-hari ternak peliharaan.
    Berikan ransum ternak sesuai kebutuhan.

Cara Pemberian Ransum Pada Ternak:

    Bila tidak melakukan penjemuran/pengeringan ransum basah, setelah dimasak dapat langsung diberikan dengan cara tambahkan lagi air dingin agar ransum menjadi bubur encer. Tambahkan Promix 2 gram atau Viterpan  2 cc/kg ransum dan hidangkan pada ternak.
    Ransum padat/kering diseduh/direndam dengan air panas/dingin (dosis 1 kg ransum + 5 liter air untuk 1 x makan), aduk sampai seperti bubur. Tambahkan Promix 2 gram atau Viterpan 2 cc/kg ransum dan berikan pada ternak unggas ayam kampung, Atau unggas lainnya

SELAMAT MENCOBA

 Baca Selengkapnya Cara Beternak Ayam Kampung atau ingin membuat Kandang Ayam
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: